Selasa, 29 Januari 2008

Resep Cairan Pencerna Kantung Semar


Tatsuro Hamada/Ishikawa Prefectural University
Kantung semar (Nephentes alata).
Artikel Terkait:
Selasa, 29 Januari 2008 | 15:12 WIB

TOKYO, SELASA - Kantung semar (Nephentes alata) mungkin salah satu di antara tumbuh-tumbuhan ganjil yang memangsa serangga. Saat seekor lalat masuk, katup di kantungnya langsung menutup dalam sekejab dan cairan lengket di dalamnya segera menjerat mangsanya itu sampai mati.

Cairan di dalam kantungnya memang memiliki fungsi yang sama dengan enzim pencerna dan telah diteliti setidaknya dalam seabad terakhir. Komposisi seluruh zat kimia yang menyusunnya masih terus dipelajari dan menyimpan misteri sains hingga kini.

Baru-baru ini, dua ilmuwan Jepang, Tatsuro Hamada dan Naoya Hatano, dari Ishikawa Prefectural University, untuk pertama kalinya, berhasil memetakan seluruh kode DNA cairan tersebut. Mereka berhasil mengisolasi setiap protein dan membandingkan deret DNA dengan daftar protein yang sudah dikenal.

Dari hasil pemetaan ini terungkap bahwa cairan pencerna kantung semar tersusun dari tujun jenis protein. Tiga jenis protein di antaranya hanya ditemukan pada tumbuh-tumbuhan ini. Salah satunya merupakan protein yang menghasilkan enzim antibakteri sehingga mangsanya tidak busuk selama proses pencernaan yang panjang. Hasil penelitian ini dilaporkan dalam Journal of Proteome Research edisi terbaru.

Kantung semar memangsa serangga untuk mendapatkan nitrogen dan fosfor. Tumbuh-tumbuhan umumnya memeroleh pasokan nutrisi tersebut dari dalam tanah melalui akar. Jadi, wajar kalau akntung semar dapat hidup di tanah yang tidak terlalu subur.

Penelitian pada kantung semar tidak hanya akan mengungkap resep cairan pencernanya. Enzim antibakteri yang diproduksi salah satu proteinnya mungkin berkhasiat untuk pengobatan berbagai penyakit.(PHYSORG)

Tidak ada komentar: