Jumat, 15 Februari 2008

Gempa Guncang Sejumlah Negara Timur Tengah


Jumat, 15 Februari 2008 | 18:40 WIB

BEIRUT, JUMAT - Gempa bumi mengguncang sejumlah negara di Timur Tengah: Israel, Libanon, Suriah, maupun wilayah Jalur Gaza Jumat (15/2). Guncangan gempa bumi mengakibatkan sejumlah penduduk di beberapa kota selatan Libanon berhamburan lari ke jalan untuk menyelamatkan diri. Guncangan gempa bumi kedua kalinya dalam pekan ini di Beirut terjadi sekitar pukul 1730 WIB namun intensitas kekuatannya belum diketahui.

Beberapa laporan media Israel menyebutkan guncangan gempa bumi terasa di jantung wilayah negara ini dan jalur Gaza tanpa diketahui berapa jumlah korban jiwa atau kerusakan materi yang ditimbulkan. Beberapa pakar seismologi di Israel memperingatkan meluasnya gempa bumi kali ini hingga di luar wilayah Israel terjadi karena adanya pergeseran lempengan bumi di wilayah sekitarnya.

Guncangan gempa bumi Jumat ini juga terasa di Libanon, termasuk ibukota Beirut dimana banyak gedung di wilayah tersebut bergetar. Gempa bumi sebelumnya yang berkekuatan 4 skala Richter mengguncang bagian timur kota pelabuhan Tyre di sebelah selatan Libanon pada 12 Februari 2008. Gempa bumi berkekuatan sama mengguncang Libanon pada tahun 2001 dan berpusat di wilayah Bekaa, Libanon selatan. (AFP/AP)


JIM

Tidak ada komentar: