Selasa, 05 Februari 2008

Jonggol Diusulkan jadi Ibukota Indonesia


Kristianto Purnomo
Lalu lintas kendaraan bermotor macet total akibat banjir setinggi pinggang orang dewasa yang memutuskan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (1/2). Hujan deras yang berlangsung sepanjang siang mengakibatkan banjir melanda beberapa wilayah di Jakarta
Rabu, 6 Februari 2008 | 08:53 WIB

JAKARTA, RABU-Mencermati kondisi Jakarta yang semakin semrawut dan terus terancam banjir, sudah saatnya pemerintah pusat memikirkan serius pemindahan pusat pemerintahan ke lokasi lain.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPR Mahfudz Siddiq, Rabu (6/2) pagi, di Jakarta, berpendapat, Jonggol menjadi alternatif menarik.

Usul Mahfudz, Jonggol dijadikan ibukota negara dan pusat pemerintahan dengan nama Jayakarta. Untuk itu, konsep tata-ruang diatur khusus dan diperlakukan secara ketat. Sementara Jakarta dibiarkan menjadi pusat bisnis.

Mahfudz juga mengusulkan, secara bersamaan dilakukan pengembangan konsep megapolitan dgn perencanaan terpadu bersama kawasan Bogor-Puncak-Cianjur (Bopuncur) di bawah koordinasi badan khusus yang menggarap proyek jangka panjang tersebut. (DIK)


Sidik Pramono
komentar anda

Tidak ada komentar: